Manajemen Pembelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 4 Bangkalan

01Sep08

Pra desain SMAN 4 Bangkalan

Pra desain SMAN 4 Bangkalan

Semester Ganjil  2011/2012

1. Tata Tertib

Siswa wajib mengikuti tata tertib yang telah disampaikan guru pada pertemuan pertama. Pada kesempatan tersebut disepakati beberapa komitmen antara siswa dan guru, agar proses pembelajaran  Biologi berjalan lancar sesuai yang diharapkan oleh siswa sebagai peserta didik dan guru sebagai pengajar.

2. Sikap dan prilaku

Sikap dan prilaku siswa harus mengacu pada satu tujuan yaitu, intelektualitas dalam bertindak dan berfikir. agar tercipta kultur masyarakat belajar (intelek) dan suasana pembelajaran lebih berorientasi pada proses dari pada sekedar mencari nilai.

3. Penilaian

Prinsip dalam penilaian “siswa menciptakan sendiri nilai yang di inginkan sesuai dengan kemampuan dan kerja keras masing-masing, bukan guru yang memberikan nilai dengan begitu saja”. maksudnya; siswa terlibat dan dilibatkan dalam proses penilain mulai dari awal sampai akhir. penilaian dilakukan secara terbuka dan akuntabel. nilai siswa di menej secara terbuka dan diketahui oleh seluruh komunitas kelas. bukti penilaian terdeposit pada file masing-masing. siswa dan wali siswa dapat melakukan kajian soal dan jawaban kepada guru. semua proses dilakukan secara objektif.

Format penilaian dan rumus penilai raport disampaikan di awal pertemuan agar siswa bisa membuat perencanaan sendiri dan menentukan langkah yang diambil dalam meraih nilai yang diinginkan.

beberapa komponen penilaian meliputi

a. nilai uji materi pada akhir bab –> ada beberapa  dalam satu tahun sesuai buku pegangan siswa

b. nilai KI (aspek psikomotor) disesuaikan  dengan alokasi waktu dan sarana penunjang yang memadai. prinsip efektif dan rasional

c. nilai Uji Kompetensi (UH) –> …..  kali Ulangan harian dalam semester ganjil dan genap dengan masing masing  KKM 65 (ideal)

d. nilai Portofolio –> direncanakan hanya 2 tagihan

e. nilai Ulangan Tengan Semester dan UAS

f. Aspek afektif –> 10% dari probabilitas seluruh komponen.

Pembelajaran dilakukan perorangan. dalam kurun waktu tertentu dilaporkan kepada wali kelas dan kepala sekolah. disesuaikan dengan kebutuhan. dari kasus yang ditemukan kemudian ditindak lanjuti dengan pembinaan siswa oleh wali kelas dan atau guru BK

bagi siswa yang yang tidak tertib dan kurang hati-hati dalam belajar, akan mendapatkan nilai yang rendah dan wajib mengikuti remidi. remidi cukup dilakukan hanya sekali kesempatan. jika gagal maka nilai yang terbaik yang akan diambil, meskipun kurang dari target KKM terendah (tidak tuntas).



13 Responses to “Manajemen Pembelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 4 Bangkalan”

  1. 1 Eddy

    Pak, saya mau menjawab soal bapak pada hari sabtu. yaitu matahari mengandung sinar ultraviolet dan juga mengandung kolagen/zat besi (vitamin D), sehingga anak-anak tidak mengalami rakhitis. mohon di jawab apakah benar jawaban saya, terima kasih.

  2. 2 makhrus

    maih kurang tepat!

  3. 3 farizal

    Pak, apa fungsi dari proses pencernaan?
    dan mengapa bapak tidak mengajar lagi di Primagama ?

  4. 4 makhrus

    fungsi proses pencernaan; untuk memproses / mengolah / nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga nutrisi akhir yang berupa sari- sari makanan siap untuk digunakan untuk membentuk energi dan untuk mengganti sel-sel yang rusak … dan juga fungsi makanan lainnya.
    saya tidak mengajar lagi di primagama, karena HR tidak seimbang!
    meskipun begitu Bapak siap bantu jika kamu ada kesulitan dalam bidang IPA (biologi).
    asal kamu mau bertanya dan jangan sungkan! …Ok

    terima kasih kunjungannya

  5. 5 adib

    pak, saya hanya mw memberikan judul tentang kir saya, yaitu manfaat biji salak. biji salak yg selama ini dibuang ternyata memiliki banyak manfaat a.l. mengandung banyak protein dan kalsium. mohon diberi tanggapan tentang karya tulis yg sy akan ajukan ini
    terima kasih

  6. 6 reva

    pak apkah tidak ada formasi ulangan bab14 n15, jika remidi bab 14 n15 melalui apa

  7. 7 Angki

    rus……….!mau beli jeep merah Rp 250,- mau ga….?

  8. 8 makhrus

    Ya, selain faktor genetik, juga faktor makanan (nutrisi) dan faktor lingkungan, serta kebiasaan / aktifitas olah raga.
    faktor keterunan (genetik); sesuai dengan orang tua.
    faktor nutrisi (gizi) masa pertumbuhan harus banyak makan kalsium dan protein.
    faktor lingkungan; akan membentuk kebiasaan suka olah raga tau tidak. jika di rumah ada alat fitnes atau yang lain, maka olah raga akan sering dan mendukung pertumbuhan badan di masa pertumbuhan. jika di rumah hanya tiduran pertumbuhan sesuai genetik saja.

  9. 9 Sulthon NJ X-3

    pak saya cuma hafal 30 tentang asmaul husna,karena otak saya terlalu capek menghafal sebanyak itu…
    apa gk ada kringanan?????????gmn klo di ksih tugas internet ja pak?????
    saya mohon keringanannya bapak makhrus
    terima kasih pak

  10. untuk Ida:
    sebenarnya bunyi yg ditimbulkan pada saat kita menekuk atau membelokkan badan baik itu di leher atau di punggung adalah akibat gesekan pada sendi. asalkan kita tidak berlebihan dalam melakukannya, maka hal itu tidak berbahaya. tetapi kalau terlalu keras dan dipaksa sampai harus bunyi,maka akan berbahaya. karena akan ada saraf atau pembuluh darah yang robek atau putus. biasanya setelah bunyi akan terasa lebih rilex karena cairan sinovial menyebar ke tempat yang kering.

  11. 11 dark

    pak kok masi pke fto p1 pak???hhheeee gak di ubah t pak???

  12. waktu kelas dipilih bersesuaian dengan pelajar bergantung pada kekosongan sesuatu sesi pembelajaran.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: