Tuntutlah Ilmu Setinggi Langit (Kajian Islam)

18Jul12

Islam mengajarkan kepada kita untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, tanpa melihat disiplin ilmu apapun. Karena derajat manusia itu akan berbeda di mata Alloh melalui kriteria kapasitas keilmuan (orang alim akan berbeda derajatnya dengan orang awam). sebagaimana firman Alloh dalam surat Al-mujadalah ayat 11 yang artinya “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.
Hukum Menuntut Ilmu adalah wajib sebagaiman hadist dari
Rasulullah Saw;

Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam lai-laki dan perempuan” (Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik).
Kemajuan peradaban suatu bangsa ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahun. Negara-negara maju yang saat ini menguasai teknologi dan pangsa pasar dunia juga karena kemajuan ilmu dan teknologi. Ilmu adalah konsepnya dan teknologi adalah implementasinya. Negara yang mengedepankan pendidikan untuk memperoleh ilmu akan menjadi negara maju. Ilmu yang berkaitan dengan ibadah (ilmu agama / dinul islam), ilmu yang berkaitan dengan kehidupan dunia disebut ilmu wasilah; keduanya sama-sam ilmu; kedua-duanya berasal dari Alloh. maka tuntutlah keduanya secara simultan.
Ummat Islam laki-atau perempuan berkewajiban menuntut ilmu mulai dari buaian (Bayi) sampai menjelang ajal datang, karena keutamaan ilmu lebih tinggi dibanding dengan ibadah lainnya….
Amal tanpa Ilmu akan percuma (tidak berpahala), Ilmu tanpa amal (action) akan kosong, Amal tanpa Ihlas akan Ria,… dasarilah semua penerapan ilmu pengetahuan baik nuansa ubudiah maupun muamalah untuk mengabdi kepadaNYA. Ilmu untuk diamalkan bukan untuk di pamerkan untuk kesombongan.
Orang yang berilmu belum tentu mempunyai ijazah, orang yang mempunyai ijazah belum tentu berilmu. idealnya adalah orang yang telah menuntut ilmu dengan benar dan melalui PBM (proses belajar mengajar) yang benar akan mendapatkan ijazah (sekolah formal). Sedangkan untuk sekolah tidak formal; ijazah bukan hal yang utama tetapi kompetensi / keahlian yang lebih utama.

Semoga pesan menjelang romadhon ini akan menambah keimanan dan keilmuan kita. Amin
Wallohu A’lamubissowaab



No Responses Yet to “Tuntutlah Ilmu Setinggi Langit (Kajian Islam)”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: