Selamat Datang Kurikulum Baru (2013)

23Jul13

Kurikulum sangat penting untuk dunia pendidikan, karena merupakan kunci utama untuk mencapai sukses dalam dunia pendidikan. Ada yang mendefinisikan kurikulum tidak hanya  meliputi bahan pelajaran, tetapi meliputi seluruh kehidupan dalam sekolah, yakni segala pengalaman anak dibawah tanggung jawab sekolah.

Kurikulum baru tahun 2013 telah disetujui oleh DPR pada bulan Juni 2013, sehingga Kemendikbud membuat instruksi pelaksanaan kurikulum 2013 secara bertahap, sambil melakukan sosialisasi di berbagai segi yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013. Belum semua sekolah dapat melaksanakan kurikulum 2013, karena berbagai pertimbangan yang menjadi dasar pengambilan keputusan. Antara lain sekolah bukan sasaran, sekolah belum siap, knowledge guru tentang kurikulum baru belum dikuasi, dan berbagai alasan lain yang mengakibatkan penundaan pelaksaan kurikulum Baru.

Seiring dengan berbagai perubahan akibat globalisasi, baik lokal maupun regional dan Internasional tuntutan perubahan muatan kurikulum  diharapkan menjadi penawar racun dari efek samping  globalisasi yang merusak sendi-sendi budaya dan agama. Tuntutan perubahan prilaku (attitude) siswa sangat dominan ketimbang tuntutan kecerdasan emosional (IQ). Karena kecakapan  IQ saja tidak cukup untuk mengantar siswa menjadi insan yang paripurna. Sebagai contoh Gayus Tambunan (koruptor Pajak), dia salah satu  siswa berprestasi di STAN tetapi setelah masuk dunia kerja (riel) sepak terjangnya membuat miris semua pihak. Kepandaiannya disalah gunakan untuk memperkaya diri dengan memanipulasi nilai pajak untuk mendapatkan imbalan dari koleganya.

Perubahan jaman menyebabkan perubahan prilaku siswa dan masyarakat, namun tidak semua perubahan mengarah ke hal yang positif. di satu sisi mengalami kemajuan di sisi yang lain justru mengalami kemunduran. Akhlak tidak lagi diperhatikan, prestasi akademik yang selalu ditonjolkan.  penelilain terkadang hanya sebatas nilai kognitif, aspek yang lain kadang terabaiakan. Sekolah sebagai agen penentu perubahan diharapkan dapat menjadi penyeimbang dan regulator perubahan jaman. Sekolah harus up to date dalam mengantisipasi perubahan zaman.

Kompleksitas permasalahan mulai dari kenakalan remaja, kasus narkoba, hingga efek samping dari globalisasi yang terkadang sampai menghilangkan identitas bangsa karena gaya hidu yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa menjadi tantangan yang harus diterima, di lawan dan diselesaikan oleh orang tua guru (sekolah) dan masyarakat.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum rekonstruksi dari kurikulum 2006 (KBK) yang belum sempurna dan secara seksama dilaksanakan. Dalam kurikulum ini menekankan pada proses pembelajaran dan untuk merekonstruksi pengetahuan siswa menjadi pembelajaran yang lebih bermakna,  untuk memecahkan masalah yang sering ditemukan  dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan yang dilakukan melaluoii scientific approach (pendekatan ilmiah). sedapat mungkin seluruh materi pelajaran disampaikan dn dilaksanakan dengan metode ilmiah dan strategi learning by doing daro john dewey.

Sungguh mengasikkan memang jika mengajar pada sekolah yang sudah ready dengan segala kondisi. Sebaliknya sungguh pontang-panting jika mengajar di sekolah yang belum ready dengan segala kondisi. Realita membuktikan artikulasi pendidikan antara SD-SMP-SMP cenderung parsial. Karena kesenjangan SDM yang tidak bisa selesaikan hanya sekedar merubah/mengganti kurikulum langsung permasalahan bisa terpecahkan. Karena pada hakekatnya secanggih apapun kurikulum, jika SDM guru masih sangat terbatas proses pembelajaran dan pendidikan akan berjalan terseok-seok. Sebaliknya sesederhana apapun kurikulum jika SDM dan kesejahteraan guru memadai PBM akan berjalan lancar dan efektif.

Faktor lain yang menentukan keberhasilan pelaksanaan kurikulum adalah komitmen dari pendidik dan stakeholders. Komitemen yang tinggi akan berpengaruh signifikan dengan pencapaian tujuan pembelajaran.  Tidak sedikit guru yang rendah komitmen karena berbagai faktor sosial-politik sehingga menurunkan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

 

Semoga Kita tetap semangat untuk meng-Update– diri  dalam pengetahuan/Ilmu pembelajaran.

 



One Response to “Selamat Datang Kurikulum Baru (2013)”

  1. Blognya Keren dan Salam Kenal

    Blogwalking Web Kimia SMK Asyik
    Di
    http://www.trigpss.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: