Analisis Kebijakan Perubahan Kurikulum

14Des14

Perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Tujuannya agar sistem pendidikan menjadi lebih baik. namun apa yang terjadi jika proses perubahan itu cenderung tergesa-gesa dan dipaksakan karena dibatasi target waktu? berikut analisis kebijakan perubahan kurikulum 2006, kurtilas, bailk lagi ke KTSP dan sebagian bertahan di kurtilas.

Mencari sebuah kelemahan dari sebuah kebijakan terdahulu bukan sesuatu yang sulit,apapun bentuknya. Namun nuansa itu akan bermakna lain jika dilaksanakan tanpa mempertimbangkan komponen lain yang ikut berpengaruh dalam proses  keberhasilan suatu target perubahan. Pendidikan adalah sebuah proses yang dipengaruhi oleh komponen yang kompleks dan saling mempengaruhi. Apalagi situasi dan  kondisi zaman yang serba tidak menentu. komponen yang paling menentukan adalah SDM guru dan sistem yang sedang berjalan. belum lagi kesiapan daerah dalam mengelola sektor pendidikan. baik dari aspek pendanaan maupun aspek pengelolaan potensi yang di miliki. Banyak daerah yang mempunyai kekayaan berlimpah namun minim SDM. Sebaliknya banyak daerah yang miskin kekayaan alam/PAD namun kaya SDM. yang lebih parah lagi adalah sudah miskin SDA/PAD, miskin SDM lagi.

Pendidikan semestinya dikelola berdasarkan filosofi membangun manusia seutuhnya, atau memanusiakan manusia. Bukan menggunakan pendekatan berbasis Proyek yang pragmatis. Jika para pejabat tidak mempertimbangkan aspek memanusiakan manusia maka yang terjadi adalah kamuflase di sektor pendidikan. Karakter pendidik dan peserta didik akan sulit di kendalikan. Harapan terwujudnya cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa tidak terwujud. yang terwujud adalah generasi instan yang tidak ingin berproses. orientasi selalu pada hasil.

(draf)



No Responses Yet to “Analisis Kebijakan Perubahan Kurikulum”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: