Pengelolaan PIP da BKSM di SMAN 1 Kwanyar Bangkalan

24Mar18

Kami Perlu Informasikan bahwa pengelolaan PIP dn BKSM di Sekolah kami adalah Sebagai Berikut :

Beasiswa PIP dan BKSM sangat membantu siswa di SMAN 1 Kwanyar. Apalagi sejak diterapkannya sekolah berbayar SPP Rp. 65.000,- (enam puluh lima ribu rupiah) setiap bulan. Hal ini sesuai dengan SE Gubernur Jatim No: 120/71/101/2017 dan sesuai pula dengan semboyan Pemerintah provinsi Jawa Timur “Jerbasuki Mowo Beo” semua kegiatan memerlukan biaya dan sekolah tidak lagi gratis tetapi berbayar. Namun demikian pemerintah tidak ingin melepaskan begitu saja beban pendidikan ke semua kalangan. baik yang mampu atau tidak mampu. bagi kalangan yang tidak mampu perlu mendapatkan program bantuan agar bisa tetap sekolah

Tahun 2017 jumlah siswa yang mendapatkan PIP seluruhnya 53% dari jumlah seluruh siswa …..  siswa. dana PIP diterimakan awal 2017. Seluruh dana yang ada di kelola oleh sekolah untuk keperluan Membayar : SPP, Kebutuhan personal (seragam), Buku-buku semisal LKS.
Contoh perhitungan siswa yang mendapatkan PIP Jumlah Total dana Asumsi dapat terus setiap tahun adalah 3 Juta Rupiah. kebutuhan SPP = (Rp. 65.000 x 12) x 3 tahun = Rp. 2.340.000,-. biaya LKS asumsi membeli semua @ Rp. 84.000,- x 6 semester = 504.000. Biaya personal seragam olah raga dan seragam Khas siswa serta atribut asumsi @ Rp. 500.000,-. Jika seragam khas terhutang maka dana yang dibutuhkan agar siswa itu tetap sekolah adalah Rp. 3.344.000,- minus 344.000.
jika siswa bisa membayar kebutuhan personal seragam maka dana akan tercukupi.
Masalahnya muncul ketika tidak semua siswa mendapatkan dana PIP sehingga siswa yang tidak mendapatkan dana tersebut kewajiban membayar SPP dan biaya lain jadi terhambat. Untungnya masih ada dana BKSM @ Rp. 65.000,- / bulan setian siswa bersumber dari pemerintah Provinsi Jawa Timur. hanya cukup untuk membayar SPP saja. itupun yang dapat BKSM terbatas sejumlah ……  siswa pada tahun 2017.
Sisanya ………..  non PIP dan non BKSM. 70% siswa tidak mampu membayar hampir semua kebutuhan baik SPP maupun biaya lainnya sampai mereka lulus.
Inilah faktanya pengelolan PIP dan BKSM di SMAN 1 Kwanyar. PIP cukup untuk membayar SPP dan LKS sedangkan BKSM hanya cukup untuk membayar SPP saja. biaya lainnya menyesuaikan kondisi ekonomi siswa dan orang tua.
Solusi yang kami tempuh adalah siswa yang tidak mendapakan PIP kami usulkan untuk mendapatkan BKSM atau melalui FUS (form Usulan sekolah) agar menyusul mendapatkan PIP. idealnya 90% siswa di SMAN 1 Kwanyar mendapatkan PIP sedangkan sisanya 10% siswa mendapatkan BKSM. agar biaya SPP atau biaya lain bisa dibayar melalui dana dari pemerintah tersebut.
Untuk siswa tahun pelajaran 2017/2018 siswa yang mendapat PIP masih proses berjalan karena kelas X siswa baru sama sekali belum mendapat SK memperoleh PIP. Data kami menunjukkan siswa yang dapat PIP kelas XII adalah …. dari …..  siswa yang dapat PIP, sisanya mendapatkan BKSM. untuk kelas XI ……  siswa yang dapat PIP dari …….. siswa sisanya …….  siswa ang dapat BKSM. sisanya ……..  orang yang tidak mendapatkan PIP atau BKSM.

Semoga keterangan ini bisa menjadi jembatan antara manajemen sekolah dengan masyarakat yang membutuhkan informasi layanan pengelolaan beasiswa PIP atau BKSM di Sekolah kami.

Hormat kami,
Kepala SMAN 1 Kwanyar

Makhrus Ali

Iklan


No Responses Yet to “Pengelolaan PIP da BKSM di SMAN 1 Kwanyar Bangkalan”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: